Bio

Riani Sovana–pencipta lagu, musisi, penulis feature.

Tahun 2004, ia merilis album solo Benang Merah di bawah label CeePee Production bekerjasama dengan Denny Chasmala sebagai music director, dan Tantowi Yahya sebagai produser. Turut berpartisipasi juga musisi kawakan Bintang Indrianto, Gerry Herb, Rita Silalahi, Arief setiadi, serta musisi-vokalis Alam Urbach pada album tersebut. Lewat Benang Merah, Riani Sovana mendapat nominasi AMI AWARD 2004 untuk kategori Penyanyi Alternatif Terbaik. Ia telah menyambangi panggung Jakarta Fair 2004, Soundrenaline Makasar 2004, A Mild Live ‘Blast of The Year 2004′, serta Java Jazz Festival 2005 lewat penampilan duet eksentrik dengan Sujiwo Tejo. Majalah Cosmogirl (Agustus, 2004) memilihnya sebagai salah satu Multi Talented Girls.

Di dapur rekaman, ia pernah menjadi backing vokal untuk album penyanyi Tere, album Ari Lasso, serta album Sujiwo Tejo. Pada salah satu lagu di album Sujiwo Tejo, Riani berduet dengan seniman dalang ini. Ia juga menciptakan lagu berjudul Apa Adanya di album Begitu Berharga milik Tere. Seperti kebanyakan lagu-lagu ciptaan Riani lainnya, lagu ini diambil dari pengalaman pribadinya (Lihat bagian MUSIK untuk mendengar portfolio Riani Sovana).

Memutuskan rehat dari dunia musik di tahun 2006, Riani mulai bekerja sebagai jurnalis media cetak sekaligus kuliah program pascasarjana di Universitas Gadjah Mada. Namun bukan berarti musik dilupakannya, karena di waktu luang ia mempelajari musik digital dari Agus Hardiman di Farabi Music School. Di sela aktivitas bekerja dan kuliah malam, Riani juga sempat membantu Asty Ananta sebagai co-writer dalam menciptakan lagu I Miss You, bahkan mengisi vokal untuk jingle mobil es krim.

Akhir tahun 2009, seorang sahabat Riani, gitaris Aria Baron, menelepon dan mengajaknya mengisi string-kibor untuk salah satu lagu di album terbaru Baron Soulmates (rilis 2010). Perasaan pada saat rekaman di studio milik Baron menimbulkan seburat rasa rindu Riani terhadap musik. Sejak itu, ia kembali aktif menulis lagu–seperti yang telah dilakukannya sejak usia 12 tahun. April 2010, aransemen Riani pada lagu I Miss You tayang di televisi, dinyanyikan live oleh Asty Ananta dalam bentuk minus-one.

Persembahan Riani Sovana yang terbaru adalah sebuah lagu single berjudul Seribu Bintang, menggandeng Bongky Marcel dari grup BIP sebagai arranger. Lagu ini sempat menempati urutan tangga lagu nomor 2 di Masterindo KIS FM 95.1 Jakarta pada pertengahan Agustus 2010.

TRIVIA:

  • Saat menciptakan lagu, Riani menggunakan alat musik piano dan gitar.
  • Ia berguru vokal dari Catherine Leimena dan Nyak Ina Raseuki (Ubiet), musik digital dari Agus Hardiman, dan piano dari Hendy Hermawan Singgih.
  • Influence terbesar dalam hidupnya adalah ayahnya–pebisnis pupuk organik dan penulis dua judul buku, serta ibunya yang aktif di kegiatan sosial.